Facebook adalah situs jaringan sosial yang memukau banyak penjelajah di ruangan maya.FB diluncurkan tanggal 4 Februari 2004. Nah saat ini, menurut situs statistik Alexa.com, Facebook adalah situs nomor 12 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, satu peringkat di atas Detik.com dan satu peringkat di bawah Wikipedia. Lewat Facebook pergaulan di ruang maya kian luas dan gaya berinternet pun nampak lebih modern. User dapat bergabung dalam jaringan diatur berdasarkan kota, tempat kerja, sekolah, dan daerah yang menghubungkan dan berinteraksi dengan orang lain. Kita juga bisa menambah teman (add friends), mengirim pesan (send messages) dan memperbaharui profil (edit & update).

Mark Zuckerberg menemukan facebook ketika masih kuliah di Harvard Universiy. Dulunya anggota dari website ini adalah terbatas untuk mahasiswa Harvard, lalu dikembangkan untuk beberapa universitas dalam 1 daerah, akhirnya tidak hanya beberapa universitas, tapi juga sekolah tinggi (sma) dan anak-anak umur minimal 13 tahun keatas. Website ini sudah memiliki lebih dari 100 juta user yang aktif di seluruh dunia.

nah, ini beberapa keunggulan FB dengan sosial networking (jaringan sosial) lainnya!!!

1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.

2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited. Mmm pengen pindah ah dari Flicker ke Facebook.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita pengen pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita ngapain aja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Kaya teman saya mo daftar cuman karena nama dia Usa jadi gak bisa daftar karena dicurigai account palsu yang ingin mendaftar USA atau United State of America. Untuk itu harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.

nah..masih banyak yg lainnya…dari pada makin bingung mendingan gabung kita langsung aja mencoba membuat FB!!! temen bisa klik membuat facebook.

1. temen2 bisa mengklik link di atas atau http://www.facebook.com
2. cari lah link sign up untuk mendaftar atau membuat account baru, nah isi data2 yang ada di atas sign up tersebut, setelah itu klik sign up, penting (masukkan email yg sebenarnya agar temen2 bisa confirmasi aktifasi account dengan link yg dikirimkan FB ke email temen2)
3. lalu masuk ke security check.masukkan code yg di atas lalu klik sign up
4. bukalah email yg anda buat untuk registrasi td. Lalu klik link yg dikirimin oleh FB untuk aktivasi. Nah seteleh anda lakukan itu, anda telah memiliki account di FB

Facebook menyediakan kemudahan dalam memulai account anda, terdapat 4 langkah

Jika ingin langsung masuk ke home

1. Langkah 1 : Facebook mengecek apa ada teman kita di yahoo yang memiliki account Facebook

2. Langkah 2 : jika kita mau add friends lewat email address

– Isikan email address tujuan

3. Langkah 3 : pengisian singkat tentang profile kita

– Isi keterangan yang diperlukan lalu klik pada “save”

4. Kita juga bisa menambah teman dari relasi email

– Pilih user yang mungkin kita kenal lalu klik add friends

5. Langkah 4 : memilih network atau kawasan

– Isikan kota dimana kita berada, sebagai lokasi network, lalu klik “join”

HOME FACEBOOK

1. Kemudian masuk ke Home account kita

Aplikasi sederhana yang sudah kita miliki diantaranya Status teman kita, update terbaru teman kita, Status teman yang sedang online.

Di sini ada beberapa menu, seperti : Profile, Edit, Friends, Inbox, Account. Salah satu kelebihan Facebook, kita bisa chat dengan teman-teman yang sedang online.

Berikut penjelasan singkat tentang menu-menu yang ada.

Ø Profile

friends yang kita miliki Contohnya wall yg diberi oleh friend kita,History kita selama active

* Wall : semacam comment, bisa kita menulis untuk profile kita, bisa juga orang lain yang menulis.
* Info : berisi info dari profile kita mengenai interest, deskripsi tentang diri kita dan lain sebagainya.
* Photos : berisi foto-foto kita
* Boxes : berisi keterangan dari applikasi-aplikasi yang kita miliki, lewat boxes ini, kita bisa mengirim hadiah dari applikasi yang kita punya.
* Add new tab : menambah menu dalam Profile kita, biasanya link ke applikasi yang kita punya

Ø Edit

Disini berisi menu-menu untuk mengedit jenis kelamin, tgl ultah, tingkat pendidikan, status, deskripsi diri, hometown dan masih banyak lagi.

Ø Friends

Dari sini kita bisa mengetahui friends yang baru update, Di sini kita juga bisa menambah teman. Salah satu kelebihan dari Facebook adalah kemudahan dalam add friends, hanya tinggal add dan mengisi capcha yang tampil. Kita bisa search friends kolom search lalu add friends
cara add friends

• Isikan capcha yang tampil lalu klik add friend

• Klik add friend

• Klik add as friend

Ø Inbox

Di menu inbox, kita bisa membaca pesan yang dikirim untuk kita, mengirim pesan seperti di yahoo mail ataupun friendster

Aplikasi sederhana yang disediakan Facebook:

Ø Photos

Browse file lalu klik check box, terakhir klik Upload Picture, Klik pada change profile picture, Terdapat versi thumb pada gambar profile kita

Ø Groups

Disini kita bisa join group yang kita suka, berdiskusi dalam group dll.

• Add group dari group teman kita.

Jika ingin mencari group letakkan kursor di “search for Groups”, kalo ingin membuat group baru klik di “create a new group”

• Tampilan group yang kita pilih

Event dari group, The wall dari member yang ada, Menunjukkan members dari group, klik join.

Ø Events

Di menu events ini kita bisa mengetahui events yang akan diselenggarakan, baik events kita maupun events teman kita, kita juga dapat mengetahui events yang sudah berlalu dan tgl ultah dari teman kita. Jika kita ingin menambah event, Menu pada events

Ø Notes

Ø Notes berisi catatan-catatan, bisa apa saja, biasanya berupa text.Jika kita ingin menambah note

Nah kesimpulan tentang Keuntungan dari pemakaian Facebook:

* Merupakan salah satu social networking website yang mana kita bisa menambah teman dari seluruh dunia.
* Kita dapat share berbagai informasi yang kita miliki.
* Kita dapat bediskusi dengan orang-orang yang memiliki hobby dan interest yang sama melalui group.
* Kita dapat mengirimkan berbagai macam gift kepada teman-teman kita.
* Kita dapat chat langsung dengan teman yang sedang online, tanpa mengganggu kegiatan kita di Facebook.
* Keamanan data kita lebih terjamin.